Suggestions Ampuh Mengatasi Balita Susah Makan

Susu ini dibuat khusus untuk anak berusia 1 – 10 tahun yang dalam masa penyembuhan atau mengalami masalah susah makan. Saat ia menolak untuk makan, coba buat wajah yang lucu sambil menyuapinya. Biarkan ia tertawa dan tersenyum saat melihat wajah Bunda yang jenaka. Ketika lingkungan positif terbentuk, tentunya mendukung agar ia mau makan. Ada kalanya si kecil begitu semangat makan, mau makan sedikit, dan menolak untuk makan.

Beritahu bagaimana kompleks dan lamanya proses pembuatan makanan untuk dirinya. Cukup singkirkan makanan yang tidak ia inginkan dan ganti dengan camilan. Buatkan camilan yang sehat seperti puding atau es dengan kandungan bahan dari buah-buahan, roti gandum atau kacang-kacangan. Olah sedemikian rupa agar terlihat menarik dan si kecil mau makan dengan lahap. Menambahkan potongan ikan atau daging cukup untuk membuat anak makan. Selama enam bulan pertama kehidupannya, bayi mendapatkan nutrisi langsung dari Ibu melalui ASI .

Contohnya sus mini isi fla coklat, donat tabor keju, bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, dan sebagainya. Tentu hal ini sangat penting bagi anak-anak yang sangat aktif bermain dan bereksplorasi dengan lingkungannya. Apalagi ketika memasuki usia 2 tahun, ada aja aktivitasnya dan membuatnya sulit untuk duduk manis dan makan dengan tenang. Jangan memarahi anak yang menumpahkan sedikit makanannya di meja makan atau lantai sebab, suasana akan menjadi tidak nyaman.

Agar hal ini tidak terjadi, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan. Kalau Bunda mengalami situasi ini, berikut ideas mengatasi anak yang susah makan yang dapat patut dicoba. Berikut tips bagi orang tua untuk mengatasi masalah anak susah makan yang diadaptasi dari mayoclinic.com.

Untuk dapat beraktivitas dengan baik, maka anak harus makan dengan teratur dan tepat. Namun di sisi lain banyak orang tua yang mengeluhkan akan adanya kesulitan makan pada anak. Hal ini membuat orang tua yang tidak sabar justru ingin memaksa anak untuk makan dengan disertai ancaman. Padahal anak-anak masih dalam masa pertumbuhan yang tentunya sangat membutuhkan asupan nutrisi yang mencukupi melalui makanan. Makanan yang diperlukan juga harus makanan yang sehat dan bergizi dengan jumlah yang mencukupi. Apa jadinya jika anak tidak mau makan makanan sehat dan malah lebih tertarik dengan makanan yang tidak sehat .

Mungkin masalahnya bukan karena anak menolak untuk makan, tetapi mereka menolak untuk makan semua makanan di piring mereka. KONTAN.CO.ID – JAKARTA.Anak susah makan merupakan hal yang umum terjadi. Namun, jika hal itu terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama, tentu saja kondisi kesehatan anak menjadi terganggu. Maka dari itu, cobalah berbagai macam cara mengatasi anak susah makan. Ketika anak menolak makanan, tetaplah bersikap tenang dan tidak memaksa.

Bagaimana cara untuk mengatasi anak yang susah makan

Hal yang bisa dilakukan oleh ibu adalah biarkan anak mengambil dan memilih sendiri menu makanan yang disukainya di meja makan. Jika ibu yang memilihkan, anak akan cenderung menolak untuk memakannya. Saat hamil pun ibu akan merasakan jenuh jika disajikan dengan makanan sehat untuk ibu hamil yang yang itu-itu saja, apalagi dengan anak kecil. Anak kecil pun akan merasakan jenuh jika memakan jenis makanan yang sama setiap harinya.

Hal ini membuat para orangtua bingung, bagaimana cara mengatasi si kecil yang enggan makan. Jika anggota keluarga makan makanan pedas yang dikhawatirkan tidak cocok untuk si kecil, kamu bisa membuat makanan yang sama dengan tingkat kepedasan berbeda. Alergi makanan tertentu dapat membuat anak-anak menghindari jenis makanan tertentu. Cobalah untuk membuat buang air besar lebih teratur, jika perutnya dalam kondisi nyaman, nafsu makan akan membaik.

Tenang saja ya Bu, ini adalah hal yang wajar dan dialami hampir semua bayi kok. Berusahalah untuk terus menciptakan variasi pada makanan tambahan yang diberikan. Selain mengembangkan selera makan bayi, variasi makanan juga memungkinkan Ibu untuk menciptakan diet sehat dan seimbang. Maka berilah minuman itu setelah makan atau jaraknya masih jauh dari jadwal makan berikutnya. Jangan memberikan minuman seperti susu 30 menit sebelum waktu makan anak. Nutrisi pendamping juga bisa digunakan oleh ibu agar nafsu makan anak meningkat, salah satu nutrisi yang diperlukan adalah nutrisi dari protein albumin.