Kerja Sampingan Di Surabaya Kota

Anda juga bisa membuat website eCommerce dan menjual versi cetak atau digital foto Anda. Apalagi dengan pemasaran di media sosial , Anda bisa mendatangkan banyak pengunjung dan keuntungan. Anda bisa menentukan tarif berdasarkan paket jasa yang ditawarkan, karena membantu seseorang membangun on-line presence tentunya berbeda dari membereskan seisi rumah. Banyak perusahaan ingin mengembangkan karyawannya dan kerap mencari baru untuk acara staff building.

Bisnis sampingan

Komitmen Anda dalam menjalankan bisnis sampingan sangat diperlukan. Jika Anda harus meninggalkan bisnis selama beberapa hari karena ada keadaan mendesak, segera infokan kepada pelanggan melalui media sosial Anda. Hal ini untuk menjaga agar pelanggan tidak berpindah ke lain hati. Anda harus disiplin dalam mencatat pemasukan, pengeluaran, dan keuntungan yang didapatkan. Dengan begitu, setiap bulan Anda akan mendapatkan perkembangan dari bisnis sampingan.

Namun ingat, jangan sampai usaha sampingan yang kamu lakukan mengganggu waktu kamu untuk menuntut ilmu. Tetap tujuan utama kamu adalah menuntut ilmu hingga menyelesaikan gelar sarjana. Setelah kamu lulus, barulah lanjutkan bisnis sampingan kamu sehingga bisa menjadi penghasilan utama kamu. Enak kan, setelah lulus kamu nggak perlu mencari-cari pekerjaan lagi? Tinggal lanjutkan bisnis sampingan yang sudah kamu lakukan dan kembangkan bisnis tersebut sehingga bisa memenuhi kebutuhan kamu sehari-hari.

Bisnis ini dijamin gak akan mati karena yang namanya mahasiswa gak akan jauh dari aktivitas nge-print tugas. Disinilah tantangan terbesar menjadi seorang yang melakukan bisnis sampingan. Anda harus bisa mengelola work life balance Anda dengan baik, dan jangan sampai bisnis samping Anda malah berdampak buruk terhadap kehidupan Anda. Dengan uang yang sedikit (10% aset Anda saja, misalnya) tentu saja keuntungan yang akan Anda dapatkan relatif lebih sedikit, dibandingkan bila Anda memiliki keuangan yang cukup besar.

Pastikan juga kamu menyisihkan pendapatanmu untuk memulai berinvestasi. Ide usaha sampingan selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan adalah menjual motor bekas. Usaha ini cocok untuk kamu yang menyukai motor dan hobi di dunia otomotif.

Kamu bisa memilih bisnis-bisnis sederhana, seperti bisnis makanan, pakaian, kosmetik, dan juga bisnis lain yang memerlukan modal berskala kecil dan risiko yang tidak terlalu besar. Berbisnis menuntut kamu untuk mengelola modal dengan baik dan benar. Misalnya, kamu memiliki keahlian atau hobi di bidang kuliner, pilihlah bidang kuliner sebagai bisnis sampingan. Memilih bisnis yang dikuasai bukanlah tanpa alasan, agar lebih memudahkan ketika mempersiapkan dan menjalankannya. Kamu juga tidak akan terlalu membutuhkan banyak waktu untuk mempelajari bisnis tersebut, sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama. Menjalankan rutinitas menjadi karyawan kadang membosankan, tapi banting setir untuk jadi pebisnis juga terlalu beresiko.

Dosen yang menekuni pekerjaan sampingan akan terjun langsung mengaplikasikan ilmu yang dipelajari selama kuliah. Proses ini akan memberi pengalaman berharga, bagaimana mempraktekan sesuatu yang tadinya teori menjadi praktek langsung dengan hasil sesuai harapan. Dosen yang tidak menekuni kerja sampingan untuk dosen biasanya akan mengajarkan materi perkuliahan yang didapat selama kuliah dulu. Selain itu juga didapat dari berbagai buku yang dibaca dan penelitian yang dilakukan. Segala pengalaman yang didapat juga akan bermanfaat di masa mendatang, termasuk ketika menekuni profesi dosen.

Namun, jangan sekedar pantang menyerah untuk melakukan hal yang sama terus-menerus, kita mesti selalu mencari peluang saat bisnis tidak menguntungkan. Walau cuma sampingan, jangan sepelekan persoalan arus kas uang. Oleh karena itu, penting untuk membuat laporan keuangan, sehingga kita bisa tahu kondisi keuangan saat ini dan potensi pendapatan di masa depan. Untungnya, di zaman web sekarang, uang bukanlah kunci memulai bisnis.