7 Cara Untuk Menghadapi Pembeli Yang Menawar Harga Rendah

Sementara kepribadian karyawan jelas tidak berpengaruh pada harga atau kemampuan produk Anda untuk melayani kebutuhan mereka tidak relevan. Staf yang ramah terhadap pelanggan akan selalu menarik lebih banyak penjualan. Konsumen marah dan bersikap kurang sopan karena produk yang dipesan terlalu lama akhirnya konsumen lama menunggu. Sebagai pimpinan, maka Anda wajib menjaga konsumen serta staf karyawan Anda. Tidak perlu menyalahkan salah satu pihak, namun biasakan untuk mencari solusi ketika masalah terjadi, dan lakukan evaluasi. Jangan menyalahkan karyawan, karena mereka adalah tim kita juga.

Ini akan membuat pelanggan Anda kesal dan merasa tidak dihargai. Kepercayaan ini lah akan mendorong mereka untuk menjadi pelanggan setia Anda. Perubahan harga yang tipis mungkin tidak terlalu memberikan efek. Namun jika Anda menaikkan harga dengan cukup signifikan tanpa perhitungan yang matang, ini akan sangat mengecewakan pelanggan. Kemiripan dengan produk, seperti yang sering terjadi di online shop karena produk asli jauh dari apa yang terlihat di gambar. Dengan kata lain, mengendalikan situasi dengan bahasa yang menunjukkan Anda siap untuk menangani kekhawatiran dan tidak berniat untuk bermain-main.

Tipe pelanggan di atas memang memiliki karakter masing-masing yang unik dan memerlukan perlakuan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, kamu harus mulai dari sekarang memahami setiap karakter yang telah disebutkan Kakek Merah FAFAFA di atas. Konsumen dengan tipe pembanding merupakan konsumen yang sangat paham dengan produk yang kamu miliki. Bahkan bisa jadi, mereka justru lebih paham dan menguasai produk yang kamu miliki dan juga produk para kompetitor.

Keluhan adalah indikasi bahwa pelanggan memberikan perhatian kepada bisnis Anda dan masih ingin memakai produk atau jasa Anda. Komplain dari pelanggan adalah salah satu cara untuk menjalin komunikasi kepada pelanggan. Jika Anda dapat menanggulanginya dengan baik, bisnis Anda akan mendapatkan penilaian yang bagus dari pelanggan.

Bagaimana cara menangani pelanggan dengan tenang

Tanyakan ke pelanggan apakah semuanya berjalan lancar, kalau perlu berikan potongan harga untuk pembelian berikutnya. Contohnya seperti “Mohon maaf atas keterlambatan dalam pengiriman foto, saat ini terjadi kerusakan pada mesin percetakan kami dan sudah dalam proses perbaikan. Untuk berikutnya, saya pastikan pengiriman foto akan lebih cepat. Apabila terulang seperti ini lagi akan kami berikan discount untuk pembelian berikutnya”. Meski komplain adalah hal yang umum terjadi, kekecewaan konsumen ini harus segera ditangani untuk mencegah terjadinya masalah yang lebih besar.