5 Cara Pintar Mengelola Modal Kecil Agar Usaha Tetap Lancar

Kita dapat membuat lapak atau toko online di sejumlah e-commerce, membuat website sendiri, maupun jualan di media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok. Buat tulisan apik, menarik, enak dibaca, tema yang dekat dengan kehidupan masyarakat, maka kita akan punya banyak pembaca setia. adalah seorang guru SLB di SMALB Putra Jaya Malang yang aktif membuat konten untuk berbagai website. Harapannya adalah membagikan informasi yang bermanfaat bagi banyak orang, terutama para penyandang disabilitas untuk mengukir masa depan yang lebih baik. Selama masa pandemi ini, ternyata tidak semua orang bisa bertahan dengan tekanan PHK. Tidak semua apa yang bisa kamu lakukan dapat dilakukan oleh orang lain.

Belanja on-line ternyata kini semakin diminati oleh masyarakat. Selain itu dengan menjaring visitor di marketplace itu sendiri, Anda bisa saja melakukan promosi secara pribadi melalui media sosial, weblog maupun forum on-line. Selain beberapa hal diatas, menjaga arus keuangan juga sama pentingnya. Jangan hanya dari teoriwan saja, tapi carilah mentor atau panutan bisnis Anda.

Berbisnis cepat untung

Untuk itu Anda tidak ada salahnya mengambil ide peluang usaha ini untuk memulai bisnis bukan? Jika kondisi Anda tidak memungkinkan dan kekurangan alat pembuatan, Anda bisa memulainya dengan membuat es krim ala kadarnya, dengan mix buah dan coklat yang di taruh di freezer. Jika saat ini Anda tidak memiliki modal untuk mendaftarkan diri sebagai member. Anda dapat bekerjasama terlebih dahulu dengan upline Anda untuk menjual stok kosmetik-kosmetik yang dimiliki. Jika saat itu Anda sudah mulai punya pelanggan dan mendapatkan komisi, barulah hasil keuntungan ini bisa Anda jadikan sebagai modal pendaftaran member.

Dan usaha toko sembako juga merupakan usaha yang sangat menjanjikan dan bisa dimulai dengan modal kecil loh. Pola pemisahan antara kebutuhan modal kerja dengan kebutuhan hidup keluarga sehari hari masih sering tercampur dan tidak memiliki pengelolaan yang terencana dengan tertib dan bijaksana. Namanya juga bisnis musiman, meskipun tidak akan bertahan lama dan bisa dijalankan dengan modal sangat kecil, namun potensinya bisa sangat besar disaat berlangsungya moment puncak perayaan.

Untuk cara mengembangkan usaha dagang, kalian semua harus sabar dan juga konsistem dalam mengembangkan usaha dagang yang sedang kalian rintis. Karena membakali sebuah usaha sangat susah sekali dan butuh kesabaran sangat extra dan selain itu juga harus konsisten dengan usaha yang sedang kalian jalani. Cara mengembangkan usaha dagang selanjutnya ialah kreatif, maksud dari kreatif dalam berpola pikir untuk mengembangkan usaha dagang yang sedang dijalankan. Semisalnya desain eksterior maupun inside dan penempata barang-barangnya, sehingga konsumen akan merasa sangat nyaman dan puas.