10 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Secara Alami Hingga Menggunakan Obat

Zat besi dalam suplemen mungkin akan membuat perut menjadi tidak nyaman. Pastikan mengonsumsinya dengan makanan untuk mengurangi rasa tidak nyaman. Selanjutnya, minyak kayu putih juga dapat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi flu pada ibu hamil. Mungkin penggunaan minyak kayu putih ini dilakukan sebagai salah satu cara pencegahan atau bahkan juga bisa bermanfaat untuk melegakan pernafasan yang tersumbat. Namun tahukah Sahabat Fimela jika rasa mual pada ibu hamil pun memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil. Sebuah studi yang dipublikasi dalam “Journal of Reproductive Toxicology” mengungkap kalau mual menandakan, janin dalam kandungan berkembang dengan baik.

Cara mengatasi mual saat hamil nomor empat adalah dengan mengubah pola makan. Siapa sangka pola makan bisa menjadi salah satu hal yang membantu mengatasi mual, ya Moms! Terkadang mual sendiri bisa diatasi dengan cara mengisi perut agar tidak kosong. Coba tambahkan irisan tipis jahe segar ke dalam air hangat atau teh. Mual merupakan salah satu keluhan yang paling sering dialami ibu hamil.

Jika Anda mulai merasa pusing, mual, atau ingin muntah, cobalah untuk beristirahat sejenak. Cari tempat kosong di mana Anda bisa memanjangkan kaki dan menyandarkan badan. Selain itu, sebisa mungkin hindari makanan yang terlalu pedas atau berminyak.

Konsumsi vitamin B6 yang banyak ditemukan dalam susu khusu ibu hamil. Mengonsumsi susu selain membantu memenuhi nutrisi juga dapat mengurangi rasa mual. Tapi rupanya, mual muntah yang dialami ibu hamil ini bisa saja terjadi juga di malam hari, Moms. Tak jarang, kondisi ini membuat beberapa dari mereka mungkin merasa terganggu karena waktu istirahatnya jadi tidak tenang.

Cara mengatasi mual mual pada saat trisemester

Anda bisa meletakkan permen jahe atau makanan ringan di samping tempat tidur untuk memudahkan memakannya tanpa harus beranjak ke luar kamar. Setelah merasa sedikit terisi, Anda bisa kembali beraktivitas seperti semula. Cara ini juga bisa Anda terapkan jika terbangun tengah malam. Di trimester three, ibu hamil akan memiliki ukuran rahim yang lebih besar dari trimester sebelumnya.

Daun mint mengandung menthol yang dapat mempercepat sirkulasi darah, meringankan kembung, mual, dan kram. Daun mint juga berpotensi memperlancar sistem pencernaan dan meringankan kejang perut. Daun mint memiliki efek anastesi ringan serta mengandung efek karminatif dan antispasmodik yang bekerja di usus halus, sehingga mampu mengatasi atau menghilangkan mual dan muntah. Ibu hamil trimester 1 yang mengalami hiperemesis gravidarum umumnya akan mengalami gejala-gejala yang tak biasa. Selain terus muntah, ibu hamil tidak bisa buang air kecil , bisa BAK tapi urine berwarna gelap, tidak bisa makan sama sekali, dan terjadi penurunan berat badan. Bagi Moms yang juga mengalami muntah, maka penting untuk mengisi cairan tubuh sehingga mengurangi risiko dehidrasi.

Seperti yang dilansir dari thebump.com, manfaat tidur siang pada ibu hamil bisa menurunkan risiko melahirkan bayi lahir dengan berat badan di bawah normal. Jahe memiliki khasiat yang dapat mengatasi rasa mual bahkan penyakit lain seperti batuk, pilek, dan migrain. Jahe sendiri dapat Anda olah menjadi teh jahe misalnya atau Anda bisa memasukkannya ke dalam makanan harian Anda, Moms. Maka dari itu, ibu hamil dianjurkan untuk konsumsi makanan yang kaya vitamin B6 dan B12 misalnya. Anda bisa makan berbagai jenis kacang-kacangan, pisang, wortel, ikan, ayam, bayam, tahu, telur, yoghurt, dan lain-lain untuk atasi rasa mual selama kehamilan.